-->

Jangan Mengandalkan 1 Lapak

Sejak kemarin sebuah portal bisnis besar yang berkantor di Indonesia mengumumkan akan menutup portalnya tanpa menyebut alasannya, itulah Multiply ya sebuah portal yang jadi andalan ribuan pebisnis online telah menghentakan jantung pemakainya, betapa tidak mereka pastinya tidak bisa menjual dagangannya lagi donk per 6 Mei 2013.

Nasib yang sama saya rasakan sendiri ketika berbisnis online menggunakan geocities yag dimiliki Yahoo beberapa waktu lalu yang juga tutup, padahal saya sudah banyak berinvestasi artikel beserta backlink disana, sekejap inves waktu dan pikiran lenyap tanpa bekas.

Selanjutnya saya berfikir bagaimana nasibnya raja blog seperti blogger atau blogspot, wordpress,  atau portal jualan online indonesia seperti bagus.com, kaskus dsb? wah mungkin cuma pemiliknya dan Allah yang tahu.

Dari berbagai peristiwa ini kita harus mengambil pelajaran bahwa jangan mengandalkan satu lapak untuk berjualan, mesti punya alternatif dua atau 3 tempat lapak bila ingin jualan tanpa bayar sewa alias pilih lapak gratisan, jangan pake kacamata kuda yg hanya bisa lihat arah depan, bila satu tutup tidak harus nangis meratap tapi ada penggantinya kan?



0 Response to "Jangan Mengandalkan 1 Lapak"

Post a Comment

Terima kasih bila anda memberikan komentar, semoga saya bisa cepat respon.