-->

Yuk Belajar Bisnis Di P4S

Tadi pagi di wall facebook istri saya ada yang mengutarakan keinginan belajar tentang bisnis pertanian dan peternakan dan jawabannya adalah silahkan belajar di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) yang merupakan lembaga pendidikan di bidang pertanian dan pedesaan yang dimiliki dan dikelola oleh petani-nelayan yang telah sukses baik secara perorangan maupun berkelompok.

Saat ini P4S sudah tersebar di seluruh Indonesia dan jenis pelatihannya juga beragam dari ternak bebek, ternak ikan gurame, pertanian beras organik, budidaya jamur, singkong dan lain-lain, Banyak anak muda bahkan pensiunan yang belajar bisnis di P4S ini dengan biaya yang sangat terjangkau.

Salah satu P4S yang pernah saya kunjungi ada di kabupaten Tasikmalaya Jabar yang dikelola oleh pak haji U'u yang telah sukses melakukan budidaya beras organik bahkan sudah melakukan ekspor berasnya ke Jerman dan Amerika, lahan yang dikelala petani disana lebih dari 300 Ha dan ada mesin pengolah beras yang modern.

Sebelum saya berangkat ke jepang dan belajar pertanian beras di provinsi kagoshima saya berkesempatan juga belajar tentang perkebunan kayu sengon dan jati di salah satu P4S di Sumedang yang indah. Intinya kalau mau belajar bisnis datanglah ke P4S.

P4S: saat belajar bisnis ayam kampung di Kudus bersama istri
Related Posts